SMA KELAS XII SEMESTER 2
KD 13.1 Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengar melalui
pembacaan
Disusun untuk Memenuhi Tugas Kelompok
Mata Kuliah Pembelajaran
Apresiasi Drama
Dosen Pengampu : Ahmad
Ripai, S.Pd.
Disusun oleh:
1.
Ardi Setiyawan NPM
10410022
2.
Salis
Aisatul Amanati NPM 10410023
Kelas 5A
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
IKIP PGRI SEMARANG
2012
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA ...............
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
XII IPA-IPS / 2
Alokasi Waktu : 20 menit (1 pertemuan)
I.
Standar Kompetensi
Mendengarkan
13. Memahami pembacaan teks drama
II.
Kompetensi Dasar
13.1. Menemukan unsur–unsur intrinsik teks
drama yang didengar melalui pembacaan
III.
Indikator
1. Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama
yang didengar melalui pembacaan
2. Mendiskusikan unsur intrinsik teks drama
yang didengar
IV.
Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini
Peserta didik dapat :
Menemukan
unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan
V.
Materi Pokok
1.
Teks drama baca
2.
Unsur-unsur intrinsik : tema, penokohan, latar, alur, amanat
VI.
Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Diskusi
4. Penugasan
VII.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Karakter
|
1.
|
Kegiatan Awal
1. Guru
mengucapkan salam sebelum memulai kegiatan pembelajaran, dilanjutkan dengan
doa.
2. Guru
menanyakan kehadiran peserta didik.
3. Guru
menjelaskan secara singkat kompetensi yang harus dicapai dan materi
pembelajaran yang akan dibahas.
|
5 menit
|
Religius
Disiplin
|
2.
|
Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
1.
Guru menyiapkan konsentrasi peserta didik untuk
mendengarkan pembacaan drama dan difokuskan pada unsur intrinsik yang akan dibahas
2.
Peserta
didik menyimak pembacaan teks drama yang dilakukan oleh beberapa peserta didik yang ditunjuk Guru.
B.
Elaborasi
1. Peserta didik berdiskusi kelompok
untuk mengungkap unsur intrinsik yang ada dalam drama yang didengarkan.
2. Guru mengamati kinerja peserta didik dalam mengikuti diskusi kelompok dan membuat catatan
penilaian
3. Secara bergiliran, setiap kelompok ke
depan kelas untuk mempresentasikan
hasil diskusinya. Kelompok lain diwajibkan untuk memberikan tanggapan
kritis atas isi presentasi.
C.
Konfirmasi
1.
Guru
memberikan ulasan dan komentar terhadap
hasil presentasi semua
kelompok.
2.
Salah
satu peserta didik menyampaikan simpulan hasil
pembelajaran materi tentang
unsur intrinsik teks drama
|
10 menit
|
Percaya diri
Kerja sama
Menghargai pendapat
|
3.
|
Kegiatan Akhir (Penutup)
1.
Guru menyampaikan tugas mandiri untuk
menyaksikan suatu cerita sinetron/drama di
radio atau televisi dan mengungkap
unsur-unsur intrinsiknya.
2. Guru mengucapkan salam kepada peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.
|
5 menit
|
Komunikatif
|
VIII. Alat/ Bahan/ Sumber Belajar
1.
Visual : Teks
drama (buku kumpulan drama)
Mafrukhi, dkk. 2007. Buku teks Bahasa
Indonesia untuk SMA/MA kelas XII.
Penerbit:
Erlangga.
2.
Audio
visual : Video cuplikan
drama/sinetron tv/film yang sedang digemari
IX.
Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
|
1. Menemukan
unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan
2. Mendiskusikan
unsur intrinsik teks drama yang didengar
|
Tes tulis
Tes lisan
|
Tes uraian
|
1. Temukan unsur–unsur intrinsik drama
yang anda dengar melalui pembacaan teman anda! (teks drama tersedia)
2. Diskusikan isi teks drama yang anda
dengar!
|
Semarang, 2012
Mengetahui,
Kepala SMA ............... , Guru Mata Pelajaran,
Ahmad Ripai, S.Pd., M.Pd. Ardi
Setiyawan
NIP NIP
Lampiran
1
Unsur Intrinsik Drama
1.
Tema
Merupakan gagasan / ide pokok yang terkandung dalam drama.
2.
Alur (plot)
Alur adalah rangkaian peristiwa/jalinan cerita dari awal sampai kimaks
serta penyelesaian.
Macam-macam Alur :
a.
Alur mundur: jalinan peristiwa dari masa
kini ke masa lalu
b.
Alur maju: jalinan peristiwa dari masa
lalu ke masa kini
c.
Alur gabungan/campuran: gabungan dari
alur maju dan alur mundur secara bersama-sama.
Unsur-unsur plot meliputi:
a.
Exposition atau pelukisan
awal cerita
b.
Komplikasi atau pertikaian awal
c.
Klimaks atau titik puncak cerita
d.
Resolusi atau penyelesaian
e.
Keputusan
3.
Latar (setting)
Setting atau tempat kejadian cerita sering pula disebut latar
cerita. Latar / setting adalah bagian
yang isinya melukiskan tempat cerita terjadi dan menjelaskan kapan cerita itu
berlaku.
Macam-macam setting :
a.
Tempat : di rumah, di sekolah, di jalan.
b.
Waktu : pagi hari, siang hari, sore
hari.
c.
Suasana : sedih, senang, tegang.
4.
Amanat
adalah pesan pengarang. Seorang pengarang drama –sadar atau tidak sadar–
pasti menyampaikan amanat dalam karyanya itu. Pembaca cukup teliti akan dapat
menangkap apa yang tersirat dibalik yang tersurat.
5.
Penokohan
Penokohan adalah Pemberian watak terhadap pelaku-pelaku cerita.
Tokoh terdiri atas :
a.
Tokoh Protagonis adalah tokoh yang
memegang peranan baik.
b.
Tokoh Antagonis adalah yang merupakan
penantang dari tokoh utama,biasanya memegang peranan jahat.
c.
Tokoh Tambahan
Merkur Mk-16 Heavy Duty Classic Stainless Steel Tits
BalasHapusWe've made a few changes 출장마사지 with the Mk-16 series. We've added some titanium wedding ring new features: The titanium trim reviews Merkur Double Edge cerakote titanium Safety Razor is a carbon croc titanium flat iron steel
e727p6lzktx924 male sex doll,women sex toys,anal toys,wholesale sex toys,sex chair,dildos,wholesale sex toys,Bullets And Eggs,dog dildo k741q5mntwa716
BalasHapusf442n6qhjga488 wholesale sex toys,sex chair,dildo,rabbit vibrators,wholesale sex toys,vibrators,G-Spot Vibrators,anal toys,dog dildo o765v0eolcu817
BalasHapus